Tes STAN tahap 3 + tips!

9BoliPuXUz

gambarnya sedikit tida nyambung wka

Halo, sesuai yang aku bilang, kalau aku lulus tahap dua alias TKK dan ikut tahap 3, aku bakal share.

Jadi tahap tiga ini itu namanya SKD/TKD (seleksi kemampuan dasar/tes kemampuan dasar). Ini tes tulis dengan sistem CBT (computer-based test), dengan tiga aspek utama yaitu TIU (tes intelegensi umum), TWK (tes wawasan kebangsaan), sama TKP (tes karakteristik pribadi). Tes ini sebenarnya bukan dari STAN sendiri, tapi dari Badan Kepegawaian Negara yang mengharuskan tes ini bagi setiap calon pegawai negeri. Nah, biar nggak dobel-dobel tesnya, akhirnya dimasukin sekalian buat tes masuk STAN. Katanya sih ini sama aja kaya tes CPNS.

(Pernah dapet cerita dari kakak tingkat, kalau dulu itu tes CPNS-nya pas tahun terakhir kuliah kalo nggak salah, terus dia gagal tes itu akhirnya kuliah kaya sia-sia.)

Anyway, tes ini CBT dengan skor langsung keluar di akhir, jadi deg-degan nggak sih.

Nah, ini penjelasan dari tiap aspeknya. Oya, buat TWK sama TIU kalau bener skor 5, kalau salah 0. Tidak ada pengurangan nilai atau nilai minus.

  • TIU : minimal 75

Tes intelegensi ini menguji misalnya kaya bahasa indonesia, matematika, deret, sinonim, antonim, analogi, sama kaya simpulan gitu. Pokoknya ini mirip banget sama TKPA-nya SBMPTN, cuma nggak ada bahasa inggris gitu. Setiap nomor kalau benar dapat skor 5.

  • TWK : minimal 70

Tes wawasan kebangsaan, isinya bisa macem-macem dan random, pokoknya kaya materi PKn sama sejarah dari SD sampe SMA. Ada pancasila, UUD, ketetapan MPR, UUDS, Konstitusi RIS, kabinet-kabinet, banyak. Tapi tenang, di internet juga banyak kisi-kisinya kok.

  • TKP : minimal 126, dengan tiap nomornya ada skala nilai 1 – 5

Nanti juga tau kalau udah nyoba ngerjain. Pokoknya soal TKP ini itu kita pilih yang baik gitu. Kita memposisikan diri sebagai pegawai negeri yang teladan. Tiap pilihan jawaban punya nilainya masing-masing. Misal kamu pilih C, ternyata nilainya 4, terus dia milih D, eh nilainya 5.

karena nggak ada pengurangan nilai, diharapkan 100 soal itu diisi semua ya.

Nah, gimana teknisnya?

Teknis tahap tiga ini jauh lebih mudah dari sebelum-sebelumnya. Oya, sebelum ikut tahap 3, pastiin dulu kamu udah bayar Rp 50.000, karena itu termasuk persyaratan ikut tes tahap 3. Bisa lewat teller bank (mandiri), atau bisa lewat ATM.

Oya juga, tes ini sehari ada 4 sesi, jadi bener-bener diteliti ya kamu masuknya sesi mana. Dan kedatangan peserta tes paling lambat sejam sebelum mulai sesi. Misal sesi dua mulainya jam 10, nah sebelum jam 9 kamu harus udah datang di tempat buat verifikasi.

Pake bajunya? Kemeja putih sama celana kain hitam (cowok), rok hitam (cewek). Buat yang kerudungan, boleh pake kerudung rabbani yang langsungan nggak? Boleh. Warna kerudungnya? Terserah, boleh hitam boleh putih.

Nah, kebetulan aku tes di Gedung Keuangan Negara II Semarang, sesi 2. Aku sampe sekitar jam 9 kurang 20 menit (mepet sih sebenernya), terus di depan gedung di cek dulu BPU, identitas (sesuai yang tertera di BPU), sama bukti pembayaran.

Habis itu naik lift ke lantai 3. Di sini, diperiksa lagi sama verifikator, dan bakal dikasih nomor meja sama PIN (karena ini CBT).

Terus kalo udah, naik ke lantai 7 ke tempat tesnya. Tasnya ditaruh diluar, jam tangan, HP, apa-apa yang nggak ada hubungannya sama tes disuruh taruh di tas. Yang dibawa ke dalam ruangan cuma BPU sama identitas (kalo identitasnya pake rapor, rapornya ditaruh tas aja nggak papa).

Abis itu kita masuk ruangan, duduk di meja yang sesuai sama nomor. Jangan nyentuh laptop dulu sebelum ada aba-aba. Btw, kalian harus teliti dengerin penjelasan kakak-kakaknya ya.

Abis itu setelah ada aba-aba, masukin data-data yang diperlukan. Terus soal keluar deh. Waktunya 90 menit, dan setelah 90 menit itu habis, skor akan keluar untuk menentukan apakah kalian lulus passing grade-nya atau nggak. Bagi yang lulus, selamat! Berarti kalian masuk ke kemungkinan keterima STAN, buat yang nggak lulus, bersabarlah! Pasti ada skenario yang lebih baik.

Abis itu setelah dipersilakan keluar ruangan, kalian keluar dengan tenang dan selamat! Kalian sudah menempuh tes tahap tiga.

tips sebelum ikut tes :

doa yang banyak, tenang. tarik napas pelan-pelan, keluarin. jangan mikir yang aneh-aneh, jangan panik, pokoknya kerjain semaksimal mungkin. jangan deg-degan sampe salah masukin jawaban, atau apa.

minta maaf ke banyak orang, mohon doa dari orang itu. bisa jadi di antara orang-orang yang mendoakanmu, ada yang doanya diijabah sama Allah. salim sama orang tua. mohon doa restu sama guru-guru. begitu ya.

terima kasih sudah membaca~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s